Langsung ke konten utama

Tidak usah malu mencoba stand up comedy


STAND UP COMEDY menjadi sangat populer sekali saat ada kompetisi stand up comedy di beberapa stasiun televisi, oleh karenanya banyak sekali masyarakat mengenal tentang seni lawak tunggal ini.
Bukan hanya kalangan pemudanya saja, bahkan untuk kalangan orang tua pun sudah banyak mengetahuinya.
Indosiar menjadi salah satu contoh-nya, dengan di adakannya kompetisi stand up comedy yang bernamakan STAND UP COMEDY ACADEMY ini berhasil menyedot perhatian pasang mata di tanah air.
Saat itu indosiar memulai debut tayangannya pada 5 Oktober 2015, dengan juri SOIMAH PANCAWATI, ABDEL ACHRIAN, EKO PATRIO, ERNEST PRAKASA, Dan RADITYA DIKA.
Barulah banyak orang-orang berminat untuk menjadi seorang stand up comedian atau dengan panggilan akrabnya adalah KOMIKA.
Namun ada beberapa orang yang masih ragu ketika ingin mencoba melakukan stand up comedy atau open mic ( latihan ) karena mental belum siap, padahal dalam hal mencoba stand up comedy itu sangat mudah karena anda hanya menulis jokes/bahan lawakan kemudian bawakan hasil tulisan itu di atas panggung.
Ada juga beberapa masalah seperti
1. kurang percaya diri
Kurang percaya diri sering menjadi problem utama oleh orang-orang yang baru, sebetulnya bukan hanya di jumpai dalam dunia stand up comedy namun juga seni pertunjukan lainnya seperti dance, tari-tarian, bernyanyi dan sebagainya banyak orang mengeluh akan hal ini.
Nah untuk kalian yang masih kurang percaya diri ketika ingin perform, kalian tidak usah takut dengan panggung dan suasana sekitar.
Bayangkanlah anda berada di rumah sendiri dan penonton adalah keluarga anda sendiri, karena terkadang orang-orang cenderung merasa gugup ketika berada di tempat baru.
Maka dari itu anda harus akrab dengan panggung dan anda harus menampilkan dengan baik apa yang akan anda tunjukan.
Sebagai contoh jika saya baru kenal dengan anda kemudian anda saya ajak kerumah untuk pertama kalinya, sudah pasti anda akan merasa malu.. Tapi jika saya dengan anda sudah lama akrab maka rasa malu ketika sedang di rumah saya akan berkurang.
Begitupun juga panggung dan penonton, anda harus menganggap bahwa anda sedang berada di rumah anda sendiri sehingga jika ini berhasil anda akan tampil maksimal dan mendapatkan feedback yang baik dari penonton.
2. takut garing / tidak lucu
Teman-teman..
di dunia lawak tidak ada seorangpun yang di nobatkan sebagai pelawak paling lucu di dunia, anda harus pahami itu.
Melawak itu fluktuatif yang terkadang hasilnya berubah-ubah, apalagi ini stand up comedy, ketika anda ber-stand up comedy di tempat A anda lucu kemudian anda ber-stand up comedy lagi di tempat B anda bisa saja tidak lucu padahal materi yang di bawakan itu sama seperti di tempat A.
Jadi inilah ketakutan yang sering menghantui orang-orang ketika ingin melakukan stand up comedy, tidak usah takut.. Bahkan pelawak yang profesional sekalipun pasti masih merasakan yang namanya gugup.
3. Tidak bisa menulis jokes/bahan lawakan
Ini juga sering menjadi kendala, ketika anda ingin melakukan stand up comedy anda bingung apa yang harus di sampaikan ketika di atas panggung.
Di stand up comedy memang seorang komika di tuntut untuk terus membuat materi lawakan, karena anda belum bisa di juluki sebagai seorang stand up comedian tanpa menulis jokes dan membawakannya di atas panggung.
Agar anda mudah menulis materi, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kenali diri anda sendiri dulu baru mulai menulis.
Sebagai contoh anda adalah seorang jomblo, maka tulislah kegelisahan anda sebagai jomblo.
Contohnya anda galau melihat mantan yang sudah memiliki pacar baru, malam minggu selalu kesepian, selalu di dzolimi teman-teman atau selalu di lemparin batu ketika keluar rumah semua bisa anda tulis dengan cerita yang lucu.
Masih bingung ?
Berikut sedikit contoh jokes nya :
"Gua kemarin ketemu mantan jalan sama pacar barunya, gua galau bukan karena dia udah punya pacar baru.. Tapi ternyata pacar baru nya lebih jelak dari gua.. Kalo di ibaratin mukanya kek doraemon gagal operasi plastik 7x"
Intinya jika anda masih bingung dengan menulis jokes maka tulis saja tentang cerita-cerita lucu atau kejadian lucu di hidup anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2016 GAME OF THE YEAR

2016 Game of the Year - from media outlets *  Video Game Awards Only  - The Video Game includes Console games, PC games, Handheld games, and Indie games, but not Mac games, Kids games, Free games, etc. *  Professional Awards Only  - The Media include Sites, Magazines, Newspapers, Publications, Broadcastings, but not Blogs have a staff of one. *  All-Format GOTY Awards Only  - But a single GOTY pick must be a single title, except for a tie. * In release order. * More details are  here . Stuff Gadget Awards (UK) : Uncharted 4: A Thief's End Trusted Reviews (UK) : Overwatch Golden Joystick Awards (UK) : Dark Souls III Golden Joystick Awards Critics Choice (UK) : Titanfall 2 HLN.be / De Morgen (BE) : Dishonored 2 Premios Xataka (ES) : Uncharted 4: A Thief's End EE Pocket-lint Gadget Awards (UK) : Uncharted 4: A Thief's End Game-Debate Global Game Awards (UK) : Battlefield 1 Editorial Prensa Ibérica (ES) : Overwatch TIME (US) : The Witness Fun & Serious Game Festiv

Bermain War And Order ( WAO )

Bermain War And Order (WAO) , War and Order atau  WAO adalah game strategi dimana anda mengelola sebuah kota, meningkatkan level bangunan di dalam kota anda, meningkatkan prajurit terkuat untuk menyerang kota lain,  menghancurkan atau menjarah sumber daya yang di milik kota lain dan bertahan dari serangan kota lain. Sebelum membahas cara cepat bermain war and order dan cara cepat menaikan lever war and order. Sedikit curhat dari saya perkenalan pertama dengan War And Order, berawal dari rasa sedih saya yang bercampur marah, kecewa, kzl kalo kata kids jaman now, dan apalah itu yang bercampur aduk dikarenakan game kesayangan saya yaitu Clash Of Clans (COC) tidak bisa dimainkan karena di banned secara sepihak oleh Supercell tanpa ada peringatan sebelumnya. Sudah level tinggi dan ada tiga akun pula yang harus di relakan. Apalah daya saya hanya bisa pasrah dengan hati menggondok :-D, Tanpa banyak cangcingcong  saya banned juga itu COC dari hp yang cuman satu-satunya yang sudah butut ini. Da

Minyak belangkas pembuka selera ikan

  Oleh Zulhilmi Hat Photo Credit:  Minyak Belangkas KITA sering mendengar mengenai keenakan telur belangkas terutama dibakar. Kalau anda ingin merasainya boleh mengunjungi beberapa gerai yang disediakan peniaga di Perkampungan Portugis di Bandar Hilir, Melaka. KITA sering mendengar mengenai keenakan telur belangkas terutama dibakar. Kalau anda ingin merasainya boleh mengunjungi beberapa gerai yang disediakan peniaga di Perkampungan Portugis di Bandar Hilir, Melaka. Bagaimanapun, petua atau tips kali ini bukanlah ingin membincang mengenai telur atau darah belangkas yang sudah dikomersialkan, sebaliknya minyak yang dihasilkannya. Apabila ditanak belangkas akan mengeluarkan minyak berwarna hitam atau kekuningan. Beberapa titik minyak berbau seakan minyak tar itu apabila digaul dengan dedak dinding atau dedak ayam dipercayai menaikkan aroma hingga membuka selera patin, rohu, jelawat dan lampam. Ini dibuktikan sekumpulan kaki pancing sekitar Lembah Klang ketika memancing di kolam